Thursday, March 24, 2011

:: backpacker ke Anyer??? gampang cuy!!!!! bagian : 1::

Backpacker ke Anyer sendiri? Kenapa Gak???

‘Anyer!!! gw harus ke Anyer!!!’ gumam gw dalem hati.

Iya, rencana nu gelo iyeuh muncul manakala gw gak puas waktu ke Pulau Pramuka dua minggu lalu. Ide ini tercetus sendirian dikepala gw tepat diatas KM Dolphin arah pulang ke Muara Angke.

Langkah awal yang gw lakukan adalah browsing sebanyak”nya tentang transportasi ke Pantai Anyer. Lumayan banyak dari hasil googling yang di dapet, tapi yang sangat menarik gw dan tentunya para backpacker lainnya adalah ‘sampai tujuan dengan cost yang murah dan selamat sampe ditujuan, pulang dan pergi’.

Dari hasil itu ternyata ada dua cara untuk bisa kesana, naek bis atau naek kereta. Gw pilih naek kereta, lebih deket dari rumah soalnya...

Well, dengan modal hasil browsing-an maka gw mulailah perjalanan dua hari satu malam ke Pantai Anyer dengan niat ‘mandi cahaya matahari’ dengan berpegangan kata bijak, ‘rencana yang BESAR dimulai dari langkah yang kecil!!!’...**fyi aja...ada rencana besar di otak gw, yang harus gw mulai dengan langkah kecil ini.

And lets get the party.....................

Jakarta – Kebayoran 19 Maret 2011, Pukul 9 pagi.

Setelah males”an bangun tidur (karena semalem begadang) akhirnya gw putuskan untuk tetap memenuhi hasrat untuk backpacker-an sendiri ke Anyer. Setelah packing seadanya, gw berangkat jam 9 pagi menuju stasiun Kebayoran Baru. Gw berangkat bareng sama nyokap dan bokap lantaran mereka juga ada urusan untuk ‘nengokin’ rumah di daerah Tigaraksa. Tiket Kebayoran – Tigaraksa Rp. 1,500~dan gw rasa yang ini gak perlu diperhitungkan dalam estimasi biaya~

Sampe Tigaraksa sekitar jam 10.30, sarapan diwarung samping stasiun, dan sambung ojek. Akhirnya sampe juga dirumah yang Insya Alloh akan gw tempatin 2-3 tahun lagi.

Gw bilang sama bonyok mau ‘kemping’ di daerah Merak (karena menurut blog yang gw baca ‘gw harus turun di Merak’) sampe akhirnya gw sadar, gw salah...ini akan ada ceritanya di bawah nanti.

Jadwal kereta api di Indonesia tidak bisa diprediksi ketepatan waktunya, bisa moloooorrrr...bisa juga dateng lebih awal dari waktu yang ditetapkan, dan na’asnya hari itu gw dapet yang moooooloooorrr...gak tanggung” bray..satu jam molornya!!!!**denger kabar sih itu kereta bannya pecah... :D

Ok, perhitungan dimulai....

Ongkos kereta api dari Tigaraksa(maupun dari Stasiun Kebayoran adalah sama) ke Merak Rp. 4,000. Gw naek Banten Ekspress yang terkenal dengan copetnya! Oh ya, jadwal berangkat kereta itu cuma 2x dalam sehari. Yaitu jam 8 pagi dan jam 1 siang...**catet ini, perlu!!!

Lama perjalanan kurang lebih 2 jam (dari Tigaraksa) kalo dari Kebayoran tinggal ditambah 1 ½ jam aja. Kurang lebih 4 jam...sukur” dapet duduk, kalo gak...hm...selamat bersenggolan ria dengan tukang jualan yang tiada hentinya bolak balik dan tereak”...’mijon mijon..tararahu..tararahu...nasi peceeeeeeell’ begitulah bunyinya...dan banyak lagi...

Cuuuusss...

Nah..ternyata gw gak harus turun di Stasiun Merak..jadi cukup turun Stasiun Cilegon atau dikenal dengan Stasiun Krenceng, kalo ke Merak justru gak bisa (mungkin yaaa...) Stasiun Cilegon itu ada sesudah Serang dan Rangkas Bitung..lewatin satu Stasiun kecil tapi gw lupa namanya. Nah, kalo udah lewatin dua stasiun itu siap” aja..kalo kata busway ‘Check your belonging’.

Sampe di stasiun disambut adzan maghrib. Dan belajar dari pengalaman, ‘ngaso’ di mesjid emang paling bener buat para backpacker merencakan langkah seterusnya atau sekedar liat contekan hasil browsing...hehe :D

Dari stasiun keliatan banget mesjid Raya Cilegon. Meeeeennn!!!! Bagus betul masjidnya...luas dan mewah...ada empat menara kecil mengelilingi kubah utama. Dan gw rasa, itu mesjid biasa jadi ‘persinggahan’ utama para backpacker..(mungkin) juga penumpang lainnya.

Disekitar mesjid banyak banget gerobak” yang baru pada buka, jangan takut kelaperan, ada warteg (rumah makan idaman gw) dan jajanan lainnya. Well...gw ‘isi bensin’ dulu di warteg.

Dengan tas ransel mengelembung dan matras yang gw selipin di samping tas, gw masuk rumah makan warna ijo kedemenan gw...hehe :D

Si mba : ‘Makan mas??’ dengan logat jawanya yang aduhai.

Gw : ‘Pasti, Mba!’ sambil taro tas...’fiuhhhh...’

Si mba : (Ambil piring dan sendokin gw nasi) ‘Pake apa??’

Gw gak perlu mikir lagi untuk makan apa, yang pasti telor udah jadi menu andalan gw dimana pun gw berada, satu lagi...itu telor kudu ‘pecah’!! It mean...di dadar atau di ceplok...kalo itu telor masih dalam keadaan bulat, ngerinya telor palsu bray!!!

Makan, becanda” sama di mba-nya...cerita”...yah, terus terang aja...ilmu SKSD perlu banget untuk yang backpacker sendirian juga berkelompok. Itu jurus ampuh, atau lu bakal mati kutu karena lidah kelu!!

Trus si mba yang usianya agak mudaan keluar dan berbisik sama si kakaknya. Tau apa?? Dia orang ngomongin gw...katanya “Kirain Afgan yang dateng??”

Gw kaget dan ampir aja nelen sendok warteg.

Mba”nya genit” gitu sama gw...hehe.. sampe” kakanya nawarin gw untuk tidur diwarungnya. Tentu dengan embel” bantuin cuci piring!!! Gw timpalin aja..

Gw : ’Wah..kebetulan, saya juga bisa masak’

Si Mba : ‘Masak apa, Mas?’ tanya balik si Mba yang gede

Gw : ‘Masak mie instant!!!hehehehee....’ *jawaban copy paste Cinta di rumah Rangga...ugh!!! berasa pake bandana..

Ok, ini waktu gw tanya lokasi, gw tanya ke si Mba, kalo mao ke Anyer naek apa dari sini? Si mba nunjukin naik angkot warna putih. Angkot itu biasa ke Anyer, apalagi kalo malem minggu, pasti rame. Dan info yang gw dapet kalo angkot warna putih (ke Anyer) itu bisa 24 jam!!!

Oh ya...mereka tanya gw sama siapa aja? Gw jawab kalo gw sendirian. Mereka kaget, tapi tetap berlogat jawa. Dan lucunya lagi dua orang asli Jawa itu kaget waktu tau gw sendiri dari Jakarta dengan memakai celana kolor (basket). Its normal right??

Bahkan di mba yang kecil hampir meregang nyawa pas ngeliat gw pake sendal jepit!!! Oh...Lord...ada yang salahkah dengan ‘kostum’ saya??

Berani sumpah, demi Nurdin Halid yang gak pernah mao turun jabatan, suasana di warteg itu betul” terasa sangat bersahabat. Gw bisa ketawa lepas, si mba besar tertawa bebas dan si mba kecil tertawa sampai hampir nyawanya lepas (lagi???)

Lalu...bye mba...next time bukan ‘Afgan’ yang dateng, tapi ‘Morgan’ dari boyband ‘Sm*sh’!! et et et ...ampir lupa...makan dengan menu gw dan teh manis anget cuma Rp. 7,000!!

Zeeeeeeeeeep! Keluar warteg lurus lewatin masjid lagi. Gw berhenti di samping kanan mesjid dari arah kiblat. Disana ada tukang es kelapa yang cukup menggugah selera, selera bertanya maksudnyaaaaaaaaa....

Entah ada apa, tiba” tanpa haus atau ngidam, kok gw jadi pengen es kelapa. Gw minta satu yang dingin dan langsung bayar. Zep zep zep...Rp. 3,000 plus dapet tips dan cara naek angkot ke Anyer dijamin gak kesasar!!!

Yap, dari pertanyaan dan obrolan dengan tukang es kelapa itu, ternyata untuk sampe ke Anyer dari Masjid Cilegon ada 2 pilihan :

1. Naik angkot Putih (cenderung berwarna silver ya menurut gw) sampe pasar Anyer bayar Rp. 5,000 trus sambung angkot ke arah ‘SIRIH’ dengan ongkos Rp. 3,000 atau paling mahalnya Rp. 4,000.

Atau...

2. Kalo angkot warna putih (sumpah demi apapun, itu angkot terlihat berwarna silver..sumpah demi Manohara yang tersayat”!!) nawarin ‘SIRIH..SIRIH’...naek aja. Sebab kalo abang”nya udah bilang ‘SIRIH’ udah pasti lewat Anyer. Tinggal kita milih dimana lokasi kita mau turun aja. Pesen si abang es kelapa, ongkosnya paling kalo dari Cilegon ke Sirih Rp. 8,000

Sama aja kan?????

Es kelapa habis, gw naik angkot dimana abang” supirnya berteriak ‘SIRIH SIRIH’. Sip, naik dan breeemmm....

Sepanjang jalan memang seperti yang gw baca di blog, jalanan agak rusak. Tapi pemandangan malam di area Industri Krakatau Steel itu cukup menyenangkan buat gw. Lampu yang berpijar, seolah bersahutan dari satu menara ke menara yang lain. Nuansa gelap cenderung hangat berasa banget. Sampe sepertiga jalan, angkot gw berhenti. Si abang supir keluar dan berkata,

‘Ban-nya kempes...”

Errghhhh,,,,penumpang tinggal gw sama 1 cewek. Ya sudah, kita bayar ongkos yang ditetapkan si abang sebesar Rp. 5,000. Gw sih gak kecewa, sebab lokasi ban kempes itu udah lewat Pasar Anyar. Berarti gak jauh dari pantainya...

Gak lama ada mobil yang serupa, akhirnya pindah angkot dan breeemm....jalan lagi.

Patokan gw adalah, Hotel Marbella Anyer, dimana disampingnya itu ada Gang yang bisa tembus ke pantai dan memang gang itu adalah tempat yang lumayan populer di sana. Selama diangkot, gw terus memantau jalan. Jalanannya kebanyakan gelap, agak menakutkan untuk yang penakut, tapi buat gw sangat mengasyikan...(iyalah...mao ketakutan juga minta tolong sama siapa????).

Dan disatu lokasi akhirnya gw liat bangunan yang besar dan luas dan di salah satu plang tertulis ‘Solelite Marbella’!! Dengan so’ iye gw minta turun. Kiri bang!!! Dan cringgg...melayang dari kantong tajir gw 1 pecahan Pangeran Antasari dan 1 selembar uang bergambar Danau Kelimutu alias Rp. 3,000..

Tengok kanan kiri dan sempat gelagapan cari gangnya. Sambil (sok belagak)santay gw nyalain rokok. Eh..didepan ada mas” lagi nongkrongin motornya, gw tanya dengan sedikit berteriak,

Gw : ‘Mas, Gang Marbella dimana ya?’

Si Mas : ‘Oh, di sana Mas,jauh..” jawabnya sambil liat gw setengah kasian dan menunjukan arah.

Tebak tebak...dia nunjuk ke arah mana hayooooo??? Gak tau kan??? Jangan dah...gondok pasti!!!!

Huft!!!! Dengan lancangnya dia menunjuk ke arah belakang gw, yang artinya...gw kelewatan sekitar 500 meter!!!!

Jalan pelan” sambil merenungi nasib. Mampir ke Alfamart untuk beli rokok dan koreknya. Jalan penuh penghayatan, percaya diri dan bener” sok yang paling tau daerah Anyer!! Tidak lama ada warung dan diseberangnya ada plang yang bertuliskan ‘Gang Masuk Pantai’.

Sebelum masuk gang, gw pastiin lagi dengan bertanya ke ibu warung.

Gw : ‘Bu, ini gang mau ke pantai ya??’

Si Ibu : ‘Iya, itu barusan juga ada yang masuk...’ logat sundanya berasa nian euy..

Gw : ‘OK, makasia Bu’

Bismillah....kaki gw mulai menapaki gang yang lebarnya kurang lebih 2 meter. Lumayan panjang gang itu, sekitar 200 meter-lah...dan gelap. Gw nyalain korek gas dalam artian percuma. Kau pikir ini bar??? Tembok di kiri kanan adalah pembatas hotel Marbella dan sebuah Cottage, tingginya cuman 2 meter gw rasa.

Jarak 10 meter menuju ujung gang, mulai terdengar deru ombak...byuuuuur.....byuuuuurrrrrr!!!!

I said..Subhanallah!!! alhamdullilah...kesampean juga!!!

**sampe sini dulu dah...nanti nyambung lagi...ASAP***

FOTO : Gang Marbella kalo siang hari...

38 comments:

  1. wah makasi banget mas, sangat membantu referensi dan ceritanya.. saya mau mencoba backpackeran tanpa teman lelaki alias bertualang dengan wanita2 hehehe

    ReplyDelete
  2. hey...sama"..sukses ya jalan"nya...
    (sorry baru respon, baru ngeh ada yang komen)

    ReplyDelete
  3. mas kalo bawa keluarga aman ga ya?

    ReplyDelete
  4. kalo 'ngeteng' mending jgn bawa keluarga mas...kalo bawa keluarga sih disarankan bawa mobil atau motor udah lumayan...

    terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mampir dong https://youtu.be/zf3382sFk_k
      #backpakercilegon

      Delete
  5. nanya dunk, rencana mo ke anyer rame2 naik mobil kantor(mo ngirit n bs diganti bensin,hehehe), mobil bs masuk gang yg ke pantai itu ga?atau parkir dmn gtu yg aman & tentu tetep murah?trims

    ReplyDelete
  6. makasih gan atas infonya :)

    ReplyDelete
  7. oh iya mau nanya apa ada tempat penginapan/losmen ngga didaerah dekat hotel marbella itu? makasih

    ReplyDelete
  8. - ada penginapan dibelakang warung yang saya singahi, kata bapak warung itu bisa muat 10 orang. cost-nya sekitar 300ribuan.
    yg pasti kalo single backpacker agak berat yaa...hehehhehe :D

    - mobil gak bisa masuk ke Gang Marbella mas...kalo motor bisa. kalo bawa mobil enak kearah Carita dan cari pantai yg terbuka, bisa bermalam disana. tapi denger" premannya suka iseng kalo ada mobil yg bermalam disana (minta 'jatah rokok' dll) ini cuma cerita dari temen aja...

    ok, selamat menjelajah...

    ReplyDelete
  9. gw cuma bisa sehari (pulang pergi),,dari pagi nyampe jakarta lagi jam 8 malam bisa ga ya? (hiks hiks)

    ReplyDelete
  10. bener tuh, gue juga sama kalo pengen ke anyer cuma seharian bisa gak yah?

    ReplyDelete
  11. seharian bisa kok, cuman cape di jalan aja....
    berangkat super pagi, pulang jam 8 (tapi cari info dulu, ada gak angkot ke Jakarta jam segitu, kalo mobil ke PCI luar biasa banyak :) )

    ReplyDelete
  12. Mas edi, klw mw naik bus antar kota dri kampung rambutan, trun dmna yaa??

    ReplyDelete
  13. keren gan ceritanya juga kocak hahaha ane juga lgsg dapet ilham . Today goes to anyer :) tp ga pake kolor basket dan sndal jdpit g hahah

    ReplyDelete
  14. Kalau ngeteng dari Tangerang tau gak Mas...

    ReplyDelete
  15. terimakasih mas edi, sumpah berguna banget ini cerita buat saya..

    ReplyDelete
  16. thanks bgt ni info nya,bahasa nya super duber kocak,tp ngebantu bgt,buat kita2 yg mau go to anyer,berpetualang ala ransel girl :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf ya...late respon banget.....huhuhuhu...saya memang orang yang tidak bertanggung jawab atas apa yang saya lalukan...*hening*

      Delete
  17. Hi Edi dari stasiun cilegon ke Marbella anyer'a berapa lama perjalanan? Lamakah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga lama kok, Nof...sekitar setengah jam aja...
      resikonya kalo siang, jalanan berdebu, maklum kawasan industry dan jalanan berlubang (gk tau kalo sekarang, mudah"an udah dibagusin)

      pokoknya nikmatin aja....selamat nge-trip!!!

      Delete
  18. tengkyu broo...bisa buat referensi

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. estimasi waktu dari cilegon ke carita berapa lama gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. super telat respon nih...hahahha....maap...
      kurang lebih satu jam aja...sambil menikmati pemandangan yang penuh debu, pabrik, udara panas dan nikmati saja~

      Delete
  21. mas kalo backpacker 1 org mau cari penginapan enaknya dmn ya?

    ReplyDelete
  22. mas kalo mao camping di pantai marbella bisa ngga mas ??
    makasih sebelom nya hehehe...

    ReplyDelete
  23. di pantai banyak yang camping ga mas?

    ReplyDelete
  24. Maaf mas mau tanya,waktu itu mas dipenginapan mana ya?maksud saya namanya dan berapa harganya?,karna saya mau jalan backpackeran sendiri sebagai wanita strong😀😀

    ReplyDelete
  25. Om kira2 abis berapa duit pulang pergi?

    ReplyDelete
  26. sekarang ongkos angkot nya brapaan yakk..
    terakhir 4000 perak dri stasiun ke marbella..
    2009..
    heehhee..
    mo nyoba naik kereta lagi... bosen naek motor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana bro? jadi ke anyer? berapa ongkosnya? wkwkwkwk

      rencananya si mau kesana tgl 22 juli ini

      Delete
  27. Mampir ya https://youtu.be/zf3382sFk_k
    #backpakerscilegon

    ReplyDelete
  28. All..di pantai gk boleh buka tenda. Sebab air bakalan pasang, sampe ke bibir pantai. Info lanjut DM IG gue aja..gak usah follow, DM aja..heehehhe...

    ReplyDelete
  29. Mau tanya dong, penginapan yg terjangkau untuk 5orang, di dekat pantai sambolo😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah..penginapan di Anyer seadanya aja, Mba/Mas
      Kalo soal itu saya kurang tau...maapkeun.

      Delete

tetangga yang mampir...