Wednesday, March 10, 2010

tragedi 20.000

siapa si yang gak kenal sama uang pecahan ini, warna ijo dan bergambar pahlawan pak otto iskandar di nata dan dibelakangnya gambar dua orang pemetik teh.

well, awalnya si setelah peredaran uang pecahan itu berlalu begitu aja, sampe akhirnya gw mengalami kejadian yang sangat 'berkesan' buat gw dan bisa bikin gw 'alergi' sama uang itu.

kejadian pertama:
sekitar tahun 2007. dimana gw dan adek pergi kesekolah yang lama untuk latihan teater. padahal udah beberapa kali gw lewat jalan itu tanpa menggunakan helm (adek gw gak pake helm). nah, pas berangkat dan sampe perempatan lampu merah blok m arah melawai, disana gw ngeledekin polisi. ya..ketawa" gak jelas sama cewek pendek yang duduk dibelakang. biasalah kalo sama dia pasti hal yang standar juga jadi lucu. lampu ijo, dan kita lanjut perjalanan.

sampe ex-sekolah langsung latihan, sebentar aja dan akhirnya gw pulang. oie, sekolah gw letaknya dijalan tirtayasa.

muter arah belakang gedung PLN tembus di lampu merah blok m deket kepolisian mana tau dah.
stop di lampu merah gak lama dari belakang pepohonan seorang bapak berbadan tegap bertopi dan berseragam nemepok bahu gw. wakssssssssssss.....polisi maaaaa!!!!!!!!

kita di suruh minggir dan sekilas gw liat ade gw memucat tanpa helm dikepalanya. dalam bahasa hukum, gw kena tilang!!!

doi minta STNK- gw kasih, doi minta SIM- kagak gw kasih...gw gak punya maaaaaaaaaaa!!!!!!!!!
damn, dan itu membuat pak polisi nyengir selebar jagat.

gw diajak kedalem pos kecil setelah gw 'nge-dropin' cewek biang masalah tadi di sekolahan. bahasa singkatnya ini perbincangan dua orang pria.
1 pria berseragam 1 lagi pria bercelana pendek dan terlihat memelas.

"ini bisa kena denda 175ribu!!!!" katanya cuek
"yah pak, saya gak punya duit segitu" jawab gw memelas
"kamu bonceng orang gak pake helm, gak punya sim, bagaimana kamu!!" dia lebih cuek lagi
(gw masih tertegun dengan tampannya)
"gimana, apa di sidang aja?" doi mulai kasih penawaran yang berarti bisa 'sidang' ditempat
"jangan pak..." jawab gw memelas..pokoknya gak ada kata laen yang menggambarkan wajah gw saat itu selaen 'memelas'
"bapak kamu kerja dimana?"
TING!!!!!!otak jahat gw langsung bereaksi.
"bapak saya cuma karyawan pak, cuma supir..." masih memelas
sepertinya doi terketuk. dia terdiam. merenung. dan segera berlari keluar langsung muter" di tiang lampu merah...agus gak ujan..india mode on.
lamaaaaa gitu dia mikir. tau dah die mikir apa..tapi sebisa gw tebak dia seperti berpikir begini,
"anaknya tampan, bapaknya supir...hihihihi" sambil nahan ketawa, gak kuat nahan dia balik badan. yang terlihat cuma bahu kekarnya sambil tertawa cekikikan. sambil mendekap mulutnya.
gak lama terlihat si polisi itu membuka mulutnya.
"ya udah, kamu ada duit berapa?"
sambil rogoh kantong, yang padahal gw udah tau isinya cuma 20.000 yang lecek najis.
"segini, pak" sambil masih memasang tampang memelas
"ya udah, ini STNK-nya" sambil merengut
"makasia, pak" ucap gw sambil senyum dengan super manis. akhirnya STNK motor babeh gw balik ke kantong lagi.
gak ngerti kenapa ya, pikiran konyol masih aja terlintas di kepala brilian gw,
"pak, boleh salaman gak, saya belon pernah salaman sama polisi"
akhirnya telapak tangan gw ketemu telapak tangan si polisi...
"udah sana pulang" ujarnya kesel...
"wuhuuuuuuuuuuuuuuu....20.000 melayang!!!!!!!!!!!" tereak gw pas udah agak jauh dari pos.

kejadian kedua:
minggu yang cerah dan senyum di bibir mandra di tahun 2009 awal, gw niat mao anterin ponakan dan kakak gw balik ke peraduannya. daerah slipi na permai. usai pamit dari rumah langsung breeeeeeem...aja jalan.
"de, mao beli bakso keju dulu, mampir ya.." celetuk mpok gw dari belakang.
"ok.."
selang waktu...sampe juga di tempat tujuan. take away dan lanjut perjalanan.
letak warung bakso itu emang rada mengerikan. dijalan OPHIR deket belokan. asli emang ye..namanya juga belokan, jadi tuh mobil pada kenceng" banget. tapi setelah keluar parkiran warung bakso, aman.

jarak sepuluh meter lepas parkiran tau" ada motor yang super ngebut cium bamper belakang motor. gw oleng, tapi orang yang nabrak itu jatoh terkapar-kapar.
mpok gw tereak!!!! niat awal gw mao lari aja, abis gw pikir...not my false!! tapi pas gw kebut eeeeehhh...helm mpok gw jatoh. ya udah. gw berusaha gak lepas 'tanggung jawab'

tuh cowok merintih"...dibantu beberapa orang anak cowo itu minggir dan minta pertanggungjawaban. gw juga kaget, gemeteran dan ketakutan, tapi akh....lukanya cuma lecet" aja si...itu juga lantaran celananya emang udah robek pas di bagian dengkul.

ada darah" dikit, dan beberapa bagian motornya rusak, tapi gak parah, kecelakaan stadium awal si. tapi tuh orang pake ngancem gw,
"ya..terserah si..rumah saya deket kok dari sini...temen" saya banyak" ucapnya sengak
haha..gw cuma ketawa dalem hati, gak lama temen gw lewat dan langsung markir motornya.
"eh mas, dia juga orang sini, rumahnya dibelakang jalan ophir...jangan macem"" temen gw berkata santey
"ya udah trus gimana nih"
gw langsung nyelak dan berlagak menenangkan
"ini saya ada 20.000, buat beli obat" sambil nyodorin uang ijo tadi
serius, kejadian ini kayak de javu!!! uang 20.000 dan musibah yang gw alamin

perkara selesai, mpok gw juga turut andil melerai dan memenangkan, gw langsung jalan.
dan damn!!!!!
ternyata oh ternyata footstep bagian belakang gw patah!!!! anjrit, tau gitu gak gw kasih tuh 20.000an...ganti baru tekor 50.000, hehe..tapi bagus motor babeh bukan motor gw...hehe:D

dari dua kejadian itu, mindset gw terbentuk, gw anti ngantongin duit 20.000an!!!
kalopun gw pegang, segera gw tukerin. troma gw!!!!!!!!!!!!!!!!

3 comments:

  1. Trauma dan sial anda trhadap uang 20.000-an bisa lepas. Caranya kirimkan uang itu ke rekening saya. Norek: BRI 2595.0108.0017.53.3

    ReplyDelete
  2. el : BRI cabang mana??hehe:D
    makasia comment-nya..blog ente keren noh...salam

    ReplyDelete
  3. yessssssssss!!!!! gw tau kelemahan lo!! tiap reseh, gw jejelin duapuluhrebu!

    ReplyDelete

tetangga yang mampir...