Monday, August 8, 2011

:: safari ramadhan tahun lalu... ::

Jakarta, 8 Agustus 2011

Alhamdullilah udah masuk hari kelima dibulan Ramadhan tahun ini. Gue pribadi (dan mungkin kebanyakan orang berpuasa lainnya) pengen menjalankan ibadah ditahun ini lebih khusyuk dan lebih baik lagi.

Puasa tahun lalu,

Gue dan salah seorang temen gue, setiap minggu ‘bersafari ramadhan’ dengan niat sholat taraweh di masjid yang berbeda. Sebut aja Masjid Al-Bina yang ada di Senayan, Masjid Agung yang ada di Al-Azhar, Masjid Muhammadiyah (gue lupa nama masjidnya, padahal deket rumah gue tuh, letak masjid itu ada disekitar kampus Ahmad Dahlan).

Ngabuburit Di Masjid Agung Al-Azhar

Dari tiga masjid itu, yang ‘enak’ dijadikan tempat untuk ngabuburit adalah Masjid Agung Al-Azhar, sebab banyak banget jajanan disana :D jadi tidak usah ribet untuk cari takjil atau pun makanan lainnya.

Setelah parkir motor, tujuan pertama kami adalah mencari takjil, minuman super segar dan beberapa makanan lainnya. Kami punya waktu kurang lebih 5 menit untuk jajan, sebab waktu yang mepet dan hampir bersamaan dengan adzan maghrib.

Setelah membeli beberapa makanan, kami duduk-duduk disekitar masjid. Wow…banyak banget orang disana. Rapi-rapi, wangi-wangi dan cakep-cakep…tentu dengan tujuan yang sama, sholat berjamaah di masjid ini.

Tidak lama berselang, masuk adzan maghrib dan kami langsung membatalkan puasa dengan es blewah ditambah biji selasih dengan aroma rasa sirsak dan dingin luar biasa. Glek!!!

Alhamdullilahhh….setelah membatalkan puasa, kami bergegas ambil wudhu dan bersiap untuk sholat maghrib.

Sholat maghrib disana hampir sama pada umumnya, yang membedakan hanya suasana, tempat dan imam serta jamaahnya saja.

Selesai sholat kami keluar masjid dengan tujuan : mengisi perut lagi. Untuk sekedar memakan roti dan kue-kue kecil. Obrolan ringan dan persiapan lebaran jadi bahan pembicaraan saat itu.

Tidak terasa, adzan kembali berkumandang dan menghentikan obrolan kami, kami kembali mengambil wudhu, kembali ke dalam masjid dan lanjut sholat isya berjamaah serta taraweh.

Taraweh di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta

Sholat isya pun tidak ada bedanya dengan sholat maghrib. Usai sholat isya, kami lanjut sholat taraweh, ini yang membuat saya sangat berkesan sekali. Yang jadi perhatian saya adalah, beberapa anggota masjid bangun dan berjalan menuju jendela.

“Oh..ternyata mereka ingin membuka jendela” ucap saya dalam hati.

Dalam waktu yang hampir bersamaan, lampu didalam masjid dimatikan.

Blep!!! Suasana menjadi sedikit gelap dan terasa damai.

Wuuuuuusssshhhh….

Belum habis rasa takjub saya akan ’suasana baru’ sejurus saja angin meniup wajah dan tubuh saya!!!! Untuk waktu yang sangat lama, saya merasa seperti sholat taraweh di suatu daerah terpencil yang jauh dari hinggar bingar metropolitan. Seperti bukan di Jakarta!!!

…….Gelap

…………………..Damai

…………….dan…………

………………………………Tenang

Satu hal lagi yang membuat saya terkesan sholat taraweh disini, sholat taraweh-nya hanya 8 rakaat dan cepat. Hehe… :D

Oh iya, waktu itu bertepatan dengan malam ganjil yang biasa disebut dengan malam Lailatur Qadar. Jadi, setelah sholat taraweh masih banyak orang yang tinggal di dalam masjid.

Tapi kami memilih untuk pulang, dan memang kami hanya ingin ngabuburit dan ’safari taraweh’ saja disana.

?????ini nuhat nahdamaR

Allohu’allam…Insya Alloh :)

-NGOK-

4 comments:

  1. semangatt buat puasanya
    saia malah belum sama sekali puasa :(
    besok pagi semoga bisa starr
    heheee

    #curcol.LOL

    ReplyDelete
  2. jiahahaha....the power puff girl mampir dimari euy... :D
    semangaaaaaaaaaaaaaattt!!!!

    ReplyDelete
  3. Sebelum waktumu terasa terburu
    Sebelum lelahmu menutup mata
    Adakah langkahmu terisi ambisi
    Apakah kalbumu terasa sunyi

    Luangkanlah sejenak detik dalam hidupmu
    Berikanlah rindumu pada-NYA

    -Letto-

    ReplyDelete
  4. wahhh...lagu yang bagus!!!
    *dets ol*
    :D

    ReplyDelete

tetangga yang mampir...