Tuesday, November 22, 2011

:: Gue (Coba) Pilih Untuk Menjadi Seorang Penyiar (Tugas) ::

Jakarta, 22 November 2011

Kebon Mangga,

Saat gue nge-blog ini, posisi lagi ada di rumah temen yang ada di sekitar Kebayoran. Sementara mereka ngobrol ngalor ngidul, gue kerjain tugas aja...hehe :D

Tugas mata kuliah ini adalah :
"Bikin dua artikel apa saja yang berhubungan dengan jurusan kuliah"

OK, sempet kepikiran untuk sekedar copy paste artikel dari hasil berselancar dan tugas kelar. Tapi gue lagi rajin, males aja ambil cara instant begitu. Nah, akhirnya gue akan ngebahas dunia penyiaran!!

Kurang lebih sekitar enam (6) bulan lalu, gue bergabung di radio komunitas kampus, Radio Budi Luhur. Jujur aja, sebetulnya niat untuk gabung udah lama (sejak gue liat pengumuman recruitment hampir setahun lalu) tapi baru kesampean yaaaa bulan Mei 2011 ini.

Sip dahh...singkat cerita akhirnya gue bergabung setelah di training satu hari.

Terus terang, rasa gugup itu pasti ada, tapi dengan cermat gue bisa mengendalikanya.

Ternyata gak gampang ya jadi seorang penyiar, bahkan hanya sekedar radio kampus yang jarak siarannya hanya 3 KM.

Motivasi terbesar gue untuk gabung di radio antara lain :
- Melatih gue untuk berbicara
Bener banget...seperti yang gue tulis diatas, gak gampang untuk berbicara, apalagi media yang terbatas pada fungsi audio. Bagaimana cara menyampaikan berita yang dibacakan supaya bisa diterima telinga pendengar dengan jelas dan tidak salah persepsi.

- Banyak ilmu disana
Gue yakin, dari tempat yang hanya berukuran 2 x 4 m banyak ilmu yang gue dapet! Gue pun jadi kenal benda yang namanya Mixer dan Pemancar Radio. Trus gimana caranya mengopreasikan sistem yang ada didalamnya. Cara input lagu, memasukan ID's radio dan mengkreasikan segala sesuatunya hingga gak kedengeran monoton.

- Penerapan dari apa yang gue pelajari di kelas
Pasti hal ini berkaitan erat dengan apa yang gue dapet di kelas. Gabung di radio seolah jadi 'kampus alam' yang ilmunya gak abis untuk digali!!

Satu kalimat yang menggambarkan ini semua, "Gue sangat menikmati setiap proses yang terlalui dan gue berharap dari langkah kecil ini adalah pembuka kepada langkah menuju mimpi yang lebih besar!!"

No comments:

Post a Comment

tetangga yang mampir...